Beranda » Kategori » RAGAM NAMASA » Ula-ula ni jolma na rittik

Ula-ula ni jolma na rittik


Massa Rusak Gereja Santo Albertus

Berita mengenai Pengrusakan Gereja Katolik St. Albertus, Harapan Indah, Kec. Medan Satria, Bekasi. Sangat memperihatinkan. Sudah beberapa kali terjadi dengan gereja-gereja Kristen dan Katolik…Ada apa dengan orang-orang ini, layaknya seperti KOMUNIS !!

Massa Rusak Gereja Santo Albertus
Sriwijaya Post – Jumat, 18 Desember 2009 17:34 WIB

Pembakaran dan perusakan terhadap gereja dan fasilitasnya terjadi di kawasan Perumahan Harapan Indah, Kota Bekasi, Kamis (17/12) malam. Ratusan orang mulai dari anak-anak hingga orangtua, termasuk ibu-ibu, mendatangi Gereja Katolik Santo Albertus yang terletak di Jalan Boulevard untuk merusak serta membakar fasilitas gereja.

Ketua Umum Pembangunan Gereja Santo Albertus, Kristina Maria R, dalam keterangan per telepon kepada Kompas.com, menjelaskan, massa mengunakan beberapa mobil dan motor untuk menuju lokasi gereja. Mereka kemudian melempari gereja yang tengah dalam tahap akhir pembangunan itu, sebelum akhirnya dibubarkan oleh polisi dari Polsek Harapan Indah dan Polres Bekasi.

Selain melempari gereja, massa membakar pos satpam, 1 motor satpam, dan kontainer yang dijadikan sebagai kantor kontraktor pembangunan gereja.

Kristina Maria R yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menko Polhukam menguraikan, massa juga membuang sejumlah marmer dan keramik yang akan digunakan untuk bangunan gereja ke jalan. Massa tampak melengkapi diri dengan minyak tanah untuk melancarkan aksinya, dan ini terbukti dari 1 jeriken berisi minyak tanah yang ditemukan di lokasi.

“Satu komputer dari kantor kontraktor diinjak-injak massa dan ditemukan di got depan gereja,” kata Kristina, yang tidak mengira apabila massa yang berpapasan dengannya saat dia akan pulang tadi malam bertujuan melakukan aksi perusakan gereja.

“Gereja ini sudah mendapatkan izin pembangunan dan tiang pancang pertamanya sudah sejak 11 Mei 2008,” imbuhnya. Menurut Kristina, aparat mulai dari Danrem hingga Kapolres Bekasi telah menjamin keamanan bagi kegiatan ibadah ataupun acara penyambutan Natal di gereja ini.

Dalam kunjungannya ke lokasi kejadian, Kapolres Bekasi, AKBP Imam Sugianto mengatakan kepada pastor paroki agar tetap menggelar misa Natal, karena pihak kepolisian akan menjaganya.

Polisi yang mendapatkan laporan massa berasal wilayah utara Kabupaten Bekasi sempat memasang police line di sekitar gereja pada malam hari sebelum mencabutnya kembali Jumat pagi. Massa dapat dibubarkan aparat menjelang pukul 24.00, dan beberapa orang yang dicurigai sebagai otak aksi perusakan gereja juga telah diringkus.

Gereja St. Albertus Tetap Selenggarakan Misa
kerusakan_st_albertus.jpg
KOMPAS/SANDRO GATRA
Pekerja membereskan ubin pasca dirusak massa
Sriwijaya Post – Jumat, 18 Desember 2009 18:46 WIB

Pengurus Gereja Santo Albertus di dalam Kompleks Harapan Indah Kota Bekasi tetap akan menyelenggarakan misa pada Malam Natal tanggal 24 Desember nanti. Aksi pengrusakan gereja oleh seribuan orang pada Kamis malam tadi tidak mengubah rencana jadwal ibadah di gereja yang masih dalam proses pembangunan itu.

“Kita tetap akan melaksanakan misa Malam Natal. Misa itu sudah kita rencanakan sejak awal,” kata Ketua Umum Panitia Pembangunan Gereja Santo¬†Albertus, Kristina Maria Rantetana, Jumat (18/12/2009) .

Kristina menjelaskan, meski saat ini pembangunan gereja baru mencapai 60 persen sejak dimulai pada Mei 2008, pengurus gereja tetap akan menggelar ibadah perdana pada Malam Natal nanti. “Malam Natal ibadah pertama kita. Setelah itu, ibadah akan terus dilakukan. Tanpa dinding di samping ngga apa-apa. Kita pake bangku plastik seadanya nanti,” jelas dia.

Para pengurus gereja serta sekitar 5.000 umat tidak takut aksi pengrusakan akan terulang pada Natal nanti, karena pihak kepolisian telah berjanji akan mengamankan lokasi selama Natal. “Tidak perlu takut. Kepolisian telah berjanji akan mengamankan. Kita percaya lah sama polisi,” kata dia.

Massa Rusak Fasilitas Pembangunan Gereja

Sabtu, 19 Desember 2009 | 04:12 WIB

Bekasi, Kompas – Sejumlah fasilitas di proyek pembangunan Gereja St Albertus, yang berlokasi di Kota Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, dirusak massa, Kamis (17/12) pukul 22.45 WIB. Perusakan berakhir sekitar 15 menit kemudian setelah polisi menghalau massa keluar kawasan proyek gereja.

Masa merusak gudang semen dan kantor kontraktor, sementara pos satuan pengaman dan kantor konsultan pembangunan gereja tersebut nyaris ludes akibat dibakar.

Massa, yang diketahui berasal dari kecamatan-kecamatan di wilayah utara Kabupaten Bekasi, juga melempari gedung dan merusak material bahan bangunan.

Ketua Umum Panitia Pembangunan Gereja St Albertus, Kristina Maria Rantetana, menyatakan, gereja itu tetap akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Misa Natal 2009.

Menyusul insiden perusakan itu, digelar pertemuan antara unsur muspida Kota Bekasi dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Rumah Dinas Wali Kota Bekasi, Jumat (18/12) siang. Pertemuan itu difasilitasi Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad dan dihadiri Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi, Polres Metro Bekasi Kabupaten, Kodim 0507 Bekasi, dan sejumlah ulama serta pengurus FKUB Kota Bekasi. Pihak yang hadir dalam pertemuan itu sepakat untuk bersama-sama menjaga kerukunan antarumat di wilayah Bekasi.

Wakil Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan prihatin atas insiden perusakan itu. Ia meminta semua elemen masyarakat saling menghormati dan menjaga kerukunan.

Kepala Polres Metro Bekasi Ajun Komisaris Besar Iman Sugianto menyatakan, polisi sudah memeriksa 28 orang, sebagian di antaranya perempuan. Satu peleton polisi ditugaskan menjaga kompleks gereja yang berlokasi dekat sekolah BPK Penabur Harapan Indah. (COK)

4 thoughts on “Ula-ula ni jolma na rittik

  1. Hahaha….. Apa yg slh d jaman skrg ini??? Kebebasankah?? Iri hatikah?? pemerintahkh?? Atau apapun itu.
    Tangkap provokatornya n bila prlt kasihkn aja sbg mknan buaya! Bodat do i!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s