Parsorion

Eksplorasi atau Illegal Loging

Awalnya, ada rasa lega ketika mendengar bahwa jalan Dolok Sanggul – Pakkat akan diperbaiki ( di-aspal ulang ). Jalan provinsi ini, — demikian sebuatan yang dialamatkan oleh orang pemda Humhas pada jalan ini–, terakhir sekali diaspal sekitar 20 tahun lalu. Kita bisa membayangkan betapa senangnya masyarakat ketika mendengar adanya realisasi pembangunan jalan, yang seyogianya memang hak rakyat.  Sebenarnya jalan utama penghubung kedua kecamatan ini adalah sarana yang cukup vital, mengingat fungsinya yang  menghubungkan kabupaten Humhas dengan Tapanuli Tengah.

Beberapa bulan lalu, proses pelebaran dan pengerasan bahu jalan mulai dilakukan. Dari arah perbatasan Tapanuli Tengah di desa Ambobi dan dari arah kecamatan Onan Ganjang di desa Arbaan. Masyarakat tidak mempermasalahkan itu proyek Pemda Humbang Has atau Pemda Sumut.

Yang menjadi persoalan adalah, ketika proses pembanguan ini berjalan, disertai juga penebangan pohon durian besar di samping jalan. Alasan utamanya adalah mengganggu proyek pembangunan. Dan anehnya lagi, pohon durian ini diangkut ke Dolok Sanggul. Masyarakat hanya tahu, bahwa itu adalah perintah dari pusat ( pemda Hum-Has, red ). Setiap pohon durian yang ditebang dihargai 300.000 rupiah.

Selain pembangunan jalan, proyek microhidro Pembangkit Listrik Tenaga Air, juga sedang  berjalan di kecamatan Pakkat. Pemanfaatan air terjun Sampuran Sipulak dimulai. Jalan menuju air terjun ini dirintis, dikeraskan dan dilebarkan.  Sampuran atau air terjun terbesar di kecamatan Pakkat ini, kini mendapat perhatian khusus. Lagi-lagi dengan penebangan pohon.

Kita jadi bertanya-tanya, apa benar Sampuran Sipulak layak dieksplorasi menjadi pembangkit listrik?. Atau pembukaan jalan ke Tombak Sipulak hanya kedok, proses awal perambahan hutan di sana. Bukankah illegal loging ini sudah dimulai dengan menebang beberapa pohon durian di sekitar jalan raya Pakkat – Dolok Sanggul.

Pertanyaan berikutnya, seandainya proyek microhidro ini mau dijalankan bukankah debit air harus dipertahankan?. Hulu sungai Sipulak berada di perut Dolok Pinapan, Hutan Onan Ganjang, hingga Dolok Pinapan yang menghadap ke arah Dolok Sanggul/ Aek Nauli. hlg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s