Dari ‘Perang’ Tomat Sampai Parade Penis

VIVAnews –

Setiap negara biasanya memiliki perayaan khas yang dimeriahkan dengan festival unik. Ini biasanya menjadi semacam tradisi yang mampu mendatangkan ribuan orang berkumpul dan bergembira bersama.

Di Indonesia, ada tradisi omed -omedan atau ciuman massal antara pemuda dan pemudi Desa Banjar Kaja, Sesetan, Bali, sebagai wujud kebahagiaan di hari ngembak geni, sehari usai nyepi.

Sangat menarik untuk mengetahui apa saja festival-festival unik yang terjadi di berbagai belahan negara. Seperti lima festival berikut.

1. Festival Perang Tomat atau La Tomatina
Lokasi: Bunyol, Spanyol

Setiap tahun, ribuan orang Spanyol, bergabung dengan banyak turis berkumpul di Bunyol, Spanyol untuk festival perang tomat: La Tomatina. Dari siang hingga malam pada hari Rabu terakhir bulan Agustus akan terjadi ‘kerusuhan’ yang melibatkan banyak tomat sebagai senjata. Warga yang ikut festival akan saling melempar dan akan banyak bubur tomat mengotori kota.

2. Festival Ganja, Cannabis Cup
Lokasi: Amsterdam, Belanda

Ada festival mencari daun ganja terbaik selama lima hari di Amsterdam, Belanda. Para ahli daun ganja akan merasakan daun ganja varietas terbaru secara bersama-sama. Selain itu, juga ada diskusi yang membahas agar ganja menjadi legal. Pengunjung juga bisa memberikan suara pada jenis ganja yang difavoritkan.
3. Festival melompati bayi, El Colacho
Lokasi: Castrillo De Murcia, Spanyol
Dalam acara tahunan aneh ini, ada orang dewasa yang berpakaian seperti iblis yang melompati bayi-bayi kecil. El Colacho telah menjadi tradisi sejak 1620. Hal  ini dilakukan untuk mengusir roh jahat dan membersihkan bayi yang baru lahir dari dosa asal.

4. Monyet makan prasmanan, Monkey Buffet Festival
Lokasi: Lopburi, Thailand
Festival yang diadakan di luar kuil Pra Prang Sam Yot di provinsi Lopburi, Thailand, ini sangat memanjakan para monyet yang tinggal di sekitarnya.

Populasi monyet di kawasan itu akan berkumpul untuk makan lebih dari 2000 kilogram buah dan sayuran segar yang sudah tertata apik di meja panjang. Festival ini dilakukan untuk menghormati Raja Rama, yang memerikan temannya, Hanuman (Monkey King) sebuah provinsi yaitu yang sekarang dikenal dengan Lopburi.

5. Festival kesuburan atau Kanama Matsuri
Lokasi: Kawasaki, Jepang
Saat festival Kanama Matsuri, para warga akan mengenakan busana berwarna pink dan ada parade yang membawa lolipop raksasa berbentuk penis. Ornamen penis memang menjadi hiasan utama festival.

Festival ini sudah ada sejak berabad lalu, ketika para pelacur berdoa untuk melindungi diri dari penyakit sipilis. Dan kini, festival dilakukan untuk berdoa memohon agar terhindar dari penyakit menular seksual dan mencari berkah bagi mereka yang ingin memiliki anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s