PT. Kreasindo Persada

Penipuan yang dilakukan oleh PT. Kreasindo Persada semakin merajalela. Terbukti, setiap hari ada saja rekan-rekan netter yang menginformasikan penipuan tersebut, baik yang sudah terjadi maupun yang tidak. Sejak tulisan tentang PT. Kreasindo Persada saya muat di blog ini, sekitar Juli 2010–Selengkapnya di “Hari gini masih ada dapat hadiah Innova?, dasar penipu“, sudah puluhan orang dari berbagai daerah melaporkan kasus ini, Solo, Jawa Tengah, Jogja, Jakarta, Bekasi dan lain-lain.

Korban pada umunya orang tua dengan modus menawarkan voucher ulangtahun Perusahaan tersebut. Lalu setelah voucher dibuka, biasanya salahsatu dari voucher itu ada hadiahnya, berupa Mobil. Bujuk rayupun berlangsung, mereka hanya meminta biaya iklan. Bukan pajak, sebagaimana modus penipuan lain. Biaya iklan ini pun tidaklah besar bila dibanding dengan nilai hadiah yang dijanjikan, berupa mobil Innova. Dan untuk meyakinkan korban, maka selembar Ikaln di harian Sinar Harapan dilaminating, seolah mereka bukanlah bermaksud menipu.

Usaha para penipu yang sudah terorganisir ini tak hanya sampai disini, mereka juga mengundang korban ke kantor PT. Kreasindo Persada, menunjukkan seolah mereka bukanlah perusahaan liar.

Korban yang rata-rata sudah tua percaya, tentunya dengan  bukti selembar iklan di harian yang sudah dilaminating dan juga alamat kantor tst. Ada yang membayar tanda jadi beberapa ratus ribu, bahkan ada yang membayar lunas biaya iklan tersebut.

Beberapa tips untuk menghindari penipuan PT. Kreasindo Persada

1. Ingatkan orang tua anda, kemana pun mereka pergi jangan membawa banyak uang cash, kartu kredit/ATM,  seperlunya saja.

2. Ingatkan orangtua anda ( juga anda sendiri ) bila seseorang menawarkan kupon undian/voucher dll yang bersifat undian jangan percaya. Segera mungkin hindari orang tersebut, bisa jadi para penipu menggunakan magic/hipnotis dan ilmu hitam lain untuk memperdaya korban.

3. Ingatkan orangtua anda ( juga anda sendiri ) bila seseorang menawarkan kupon undian/voucher dll yang bersifat undian, supaya memberitahukan anda via telepon dan SMS dan segeralah cari informasi tentang undian juga Penyelenggara Undian tersebut di internet.

4. Ingatkan orangtua anda ( juga anda sendiri ) undian berhadiah yang benar bila diumumkan di media elektronik, cetak dan kantor penyelenggara / produk tersebut. Tidak pernah undian berhadiah dilakukan dengan cara MENAWARKAN.

5. Jangan membiarkan orang tua anda bepergian sendirian, sebab para penipu ini punya ilmu psikologi yang tahu dan sangat paham bagaimana mempengaruhi seseorang.

52 pemikiran pada “PT. Kreasindo Persada

  1. kalau benar PT ini terbukti penipu, maka ada baiknya diacara bukti yang lebih kuat dan mereka yang bergabung dengan PT Kreasindo (maksudnya para pegawainya) segera dialporkan ke polisi aja. bukankah mereka ini merusak banyak orang? mereka ini sama dengan gembong narkotika hanya pasarannya berbeda, ya kan?

  2. jokotomo

    owhhh,,,,kok lewat media ini,,berbagai fitnah juga di legalkan,,,heran jg dengan orang2 disini,,palagi adminnya…huuuhhh sok pahlawan!!!!

    di sini saya cb melihat dari sisi yg berbeda,,kenapa kalian ini gak mengkritisi iklan-iklan di televisi yg kalian makan setiap hari……….dengan minum susu ini,,anak anda bs ini bs itu,,dengan pakai shampoo ini di jamin ini itu,dsb….blum lagi iklan iklan gosok2 di dalam kemasan….apa itu semua bukan penipuan……..

    sekarang klo mau berhitung sudah berapa miliar rupiah anda habiskan untuk mengikuti kebohongan2 tersebut…………

    toh,kalau kalian jg bijak menyikapi dan beranalaisa maka mungkin anda harusnya menyalahkan diri anda sendiri2…………
    “INI JAMAN GLOBALISASI BUNG,P[ERUSAHAAN ASING JUGA SUDAH MENGACAK ACAK SITEM YG ADA DI NEGARA INI”
    jadi kita yg harus waspada,,,jangan menimpakan kesalahan kita ke orang lain…………….
    toh para karyawan yg ada di PT KREASINDO ini jg korban kekejaman perkembangan yg tidak bs di hindari…………
    terus anda2 yg sudah mencemooh dan memfitnah…klo ini penipuan (nasional) gak mungkin jg aparat diam saja,,,,jd tolong JANGAN HAKIMI MEREKA,MEREKA ADLAH RAKYAT JUGA YG DITINDAS,mereka hanya ingin bertahan hidup aja kok,dari semua yg sudah berkomentar di sini…jelas kalian ini orang2 berduit(mski tdk semua),,,jd tolong jg lihat ke bawah..berapa angkatan kerja yg menganggur dari tahun ke tahun………
    untuk admin,sekilas profil anda adl seorang religius,mereka jg ciptaan Tuhan,jgn rendahkan mereka.terima kasih.

    1. setau aku yg namanya fitnah itu, kl kita ngomong ga sesuai kenyataan.. tp yg di tulis di sini benar.. TIDAK memutar balikkan fakta seperti yg km bilang..
      Kemarin hampir aja orang tua ku juga kena penipu2 Kreasindo Persada..
      Aku rasa admin tidak merendahkan orang2 itu, tp mereka yg merendahkan diri mereka dengan kelakuan mereka sendiri..

    2. salut bro,kebanyakan orang yg trll byk ngoce di sini,tdk menutup kemungkinan klo dia itu kaya dr hal2 yang sama,karna itulah realita hidup di republik ini,org2 yg py byk aset akan memanfaatkan hartax untuk perdaganagan kekuasaan,seenakx memfitna org,mencemo org dan sbgx.satu hal yg penting bahwa apaka anda tidak seperti mereka ( kary kresindo persada ) ataukah anda bagian dr pekerjaan tersebut sehingga anda memfonis bahwa itu adalah penipuan.trus klo anda yang pernah jd costumer,pertayaanya adalah kenapa anda mau ikut program itu setelah anda di iming2ngi hadiah,jadi kesimpulanya adalah…………………ANDAlah orang yang apaling serakah di dunia ini sehingga endingx anda kecewa karna gak dpt innova,trus klo seandaix anda yg mendapat komentar anda seperti apa,………sahabatku semua,yg baik hati,yg rendah hati marilah kita pikir ini lbh matang lg….salam sukses dari saya,,,,M.TOTO

      1. @Jokotomo Goblok!

        jangan bisanya cuma koar-koar dan sok bijak dalam menilai sebuah usaha yang nyata-nyata kriminil. kalo belum mengalami sendiri pada akhirnya orang-orang sok teoritis kayak anda itu ngemengnya begicu aja. sok bijak menilai sistem yang sudah amburadul dari atas sampai bawah, tanpa menilai sisi kiri-kanan yang jadi korban menangis. kutu kupret lu!

        tadi siang saya hampir jadi korban, untung nalar saya masih jalan ketika mereka coba menghipnotis lewat kata-kata yang bergaung karena memang ruangan pimpinan cab. PT tersebut telah disetting sedemikian rupa, sehingga suara jadi menggema.masih untung saya selamat dari jerat penipuan dalam aturan undian yang gak logis itu!

        dan baru tahu diceritain istri, kalo kakak ipar 2 bulan yang lalu juga ketipu 3 juta oleh PT. KREASINDO PERSADA tersebut. kasihan, padahal orang yang berpenghasilan pas-pasan…

        kantornya pun jg tipu-tipu aja. kalo di jogja kantornya bertopeng kantor notaris. hahaha…. padahal isi di dalamnya..hehehe… itu lho yang ada di jl. monjali, depan toko besi WASIS..

        kepada admin, teruskan perjuangan ini. memang polisi belum bertindak. namun, menyuruh orang untuk berhati-hati dari jerat penipuan adalah wajib.

        terima kasih.

        1. ok john, saya setuju bgt sama kamu, si joko itu jgn sok bijak deh, jgn2 dia juga mata pencariannya menipu orang, makanya dia membela perbuatan yang sudah jelas2 salah, dengan teori2nya yg bullshit. karena saya juga hampir mengalami penipuan itu, untung saja nalar saya masih berjalan walau agak sedikit goyah. saya tidak terbujuk dengan hadiah inova, karena bagi saya, hadiah itu seharunya tidak memberatkan penerimanya. dan alhamdullah….. uang 8,5 juta saya selamat……

  3. hampir saja ayah saya jd korban PT. KREASINDO PERSADA pd tanggal 15 Februari 2011
    ternyata Allah masih sayang pd saya dan keluarga saya…
    terima kasih yaa Allah…

  4. ckckckck gila juga tuh KREASINDO. kaga ada yang punya agama kali yah…. udah berapa orang yang kena tipu! mereka pun berani utk bersumpah2… ga ada yang berkah dalam hidup para karyawannya!!! hampir aja nyokap w kena tipu! apa orang2 KREASINDO GA ADA YANG MIKIR GIMANA PERASAAN MEREKA KALAU KELUARGA MEREKA DI TIPU!!! sampah masyarakat dasar!

    1. ilmu kamu tentang marketing terlalu minim sob kamu hanya menilai satu sisi saja,coba kamu buka wawasan kamu lg tentang marketing jadi yg namanya bisnis orang menawarkan dan tergantung sama orangnya mau gak menerima penawaran tersebut, sy juga pernah mengalami hal demikian tapi sy hanya beranggapan bahwa bisnis mereka sangat luar biasa daya pengaruhnya terhadap konsumennya, tapi sy gak merasa kena tipu seperti yg anda utarakanheri

      1. Heri Tapsel…gak ada hubungan antara ilmu marketing dengan penipuan… kalo bisnis tipu-tipu memang banyak, dan itu sudah kriminil! mau tahu pasal berapa soal tindak pidana tersebut???

        goblok lu ah!

        kayaknya kamu belum pernah berhadapan dengan cara bisnis PT. KREASINDO PERSADA tersebut. atau mungkin anda orang yang gampang terinspirasi dan terobsesi dengan ulah pebisnis tipu-tipu???

      2. Eh….. heri jangan sok berteori dweh luh, nipu ya nipu ada penjaranya, tapi kalau bisnis mana ada penjaranya, kalaupun orang bisnis itu dipenjara karena dia penipu bukan pebisnis….gimana sih luh guoblok amat…..! masalah bisnis itu menawarkan dan tergantung sama orangnya untuk menerima atau menolak tawaran tersebut, ya itumah memang trik dagang yg jelas2 ada produk yg ditawarkan, tapi kalau kreasindo apa yg di jualnya selain omong kosong…. coba apa pruduk kreasindo…..? heri tapsel ( Tampang ngeselin)

  5. Mungkin bung jokotomo blm pernah menjadi korban..lain cerita klo anda sdh jd korban, pasti anda akan mencak2 jg..ibu saya adlh korban kreasindo pd tgl 4 maret 2011 di daerah jatinegara..ibu saya tertipu rp.7.999.000

    Smoga mereka membusuk di neraka!

  6. Ibu saya jg korban PT.KREASINDO keparat itu….
    Untuk bung jokotomo, bgmn bs disamakan iklan dgn penipuan yg dilakukan kreasindo keparat itu??? Dlm iklan tdk ada pemaksaan pd pemakaian produknya..mrk hanya menjual,pilihannya ada pd kita, sdgkn kreasindo??? Bukaaan maiin…mrk sgt memaksa&berani2nya bersumpah2 bhw hadiah yg mrk tawarkan adalah benar!!!
    Dan jgn bawa2 nasib karyawan kreasindo yg tdnya hanya menganggur..carilaah pekerjaan yg HALAL!!! Bgmn dgn nasib korban penipuan yg uang nya sebenarnya untuk biaya pengobatan suaminya yg sdg sakit kritiss di RS???
    Pikirkan itu bung..jika itu terjadi pd org tua anda,apakah anda msh membela PT.Kreasindo keparat itu????!!!

  7. Jokooo..jokoo..gk mutu bgt commentnya..joko BODO!lo salah satu dr pelaku ya?ato jgn2 lo krja dsitu jg?slah satu yg nipu skian byk org ini?iya y…wah,klo anda mengaku religius sprt yg anda banggakan td…mstinya anda tau,omongan anda td sm skli tdk religius dan maaf sedikit GOBLOK ya…makan tuh religius!tggu aja…sbntr lg PT laknat ini akan sgera d ekspos d televisi,d korek abis siapa2 aj yg trlibat…siap2 cari krjaan laen ya pegawai2 calon penguhuni kerak neraka!!!! Siap2 jg karma menghantui hidup anda2 skalian…7 turunan!!!

  8. »Joko : sampean ono2 wae sih pikirne,ya kalo mau bertahan hidup yo wiss kerja yg bnr toh! Ojo nipu,orak isin sama gusti allah?orak isin sama tkg kuli bangunan?lha mrk aja rela panas2an cari uang yg halal tanpa nipu org lho!

  9. Kmarin hari rabu tgl 23/3 sy hmpir2 jd korban PT.Kreasindo Persada. Sma kyak yg sudh2 sy ditwrin voucer mkan yg didlmnya ada hadiah grandprise nya.Awalnya sy gak percaya tp lma2 sy pnasaran jg,gak tau knpa sy smp ikt ank salesnya dtg ke Pt tsb di ITC Fatmawati,tp lma2sy mrasa curiga saat mreka suruh sy isi surat prnyataan yg didlmnya tercantum sy harus membyar biaya untk iklan sebesar Rp.8.499.000. Sya langsung tlp suami sy dan sy alasan dgn cara minta wktu,mksudnya agar sy bsa kluar dari tmpat itu.Alhamdulillah sy msih dilindungin sma Yg Mha Kuasa.Akhirnya sy terbebas dri rncana busuk mreka.Mdah2an mreka dan antek2nya cpat ditindak lnjutin dan jgn smpai ada korban lagi.Tlong bt smua pihak yg berwenang agar cpat di tindak lajutin

  10. astagfirullah berarti gue ketipu juga kalau gitu, untung aje ga ngasih uang 7.999.000, untuk saudara2ku harus lebih hati2 dengan penawaran2 yang tidak bertanggungjawab seperti itu, soale gue juga hampir2 percaya sama omongannya untung saja Allah masih melindungi

  11. Ancem aja tuh karyawan2nya biar pada ciut nyalinya,pasti pada takut,trus pada keluar,lagian mau2nya aja diperbudak negara lain,mending buat kitanya gede,,

    1. ibu saya juga baru di tipu !!\
      rencana mau dtg lagi hari senin, kunjungi kantornya…
      saya jg bingung mau lapor kemana 😦

    2. Seingat saya, kmrn ayah mertua saya hampir kena tipu.. orang sana mencntumkan alamat kantor pusat nya di Dekat ITC Cempaka Mas, cari aja di sekeliling ITC itu dan jangan lupa bawa orang dari kepolisian biar cepat di usut sampai tuntas.. kasihan orangtua2 yang tidak tau apa2,

  12. Akungku 78 tahun hampir jadi korban hari Selasa tanggal 19 April 2011 di Jatinegara dan udah sampai di bawa ke kantornya di Jl. Lapangan Ros Raya No. 12 Tebet sama yang namanya Lulu. Sangat beruntung, Alhamdulillah akung masih dilindungi Allah, jadi akung tidak terjerat oleh mereka.

  13. bapak saya hampir tertipu 3 juta rupiah, untung sempat menelpon saya untuk karena bapak saya minta di transfer oleh saya sebanyak 3 juta, ini saya masih memantau bapak saya melalui telpon untuk segera keluar dari kantor PT Kreasindo Persada dan pulang ke rumah, setan memang orang orang ini, buat apa sih hasil dari penipuan? hedon hedon, dugem atau maen cewek atau malah untuk ngasih makan anak istri dan menyekolahkan anak. dasar maling

  14. setujuu febby.. harus lebih waspada

    INSYAALLAH orang itu dimaafin ma ALLAH SWT karna DIA yg maha adil, Dia akan mengadili dgn seadil-adilnya

    untung aja ndak kena
    ouya joko kykx pegawainya tuh v0,0v

  15. waduh untung w blom trun ke lapangan jdi penipu..w smpet nglamar kerjja ke pt.krasindo tpi w msih dlm pljaran blm di trunin ke lpangan,,,stlah w bca kbar ini tryta tmppat yg w lmar prusahaan penipu……..///awal y si w dah curigga ini pt gak resmi tpi yg bkin w percya di stu dah da ijin dri kepolisian….suplayer y jgga byar gjji pko w 1.200.000 prbulan gmna w gak trgiur…..tpi stllah dger ini pt penipu orang w jdi mles kerja di situ…

    1. eh ,,, 1200 udah dibayar belum tuh 😀 ,,, ambil aja 1200nya hahay ,,, ntar kalo udah disuruh terjun baru keluar deh 😀

  16. yang jadi pertanyaan, apakah benar pihak kepolisian sudah ikut menandatangani legalisasi bisnis/promo voucher seperti yang telah mereka muat dalam bentuk iklan di kompas dan sinar harapan itu? bagian ini saya sudah melaporkan ke kaserse untuk ditelusuri.

    penipuan lain oleh PT.kreasindo persada juga bisa dilihat dari isi bagian belakang/dalam voucher yang menempatkan logo2 perusahaan besar sebagai sponsornya. bahwa para sponsor inilah yang telah membayar pajak hadiah, dan lain-lain, sedangkan calon korban hanya disuruh membayar beaya iklan saja, yang jumlahnya antara 7.900 000-8.900 000 rupiah. salah satunya, secara pribadi saya sudah menanyakan ke direktur promosi indosat (kebetulan kenal), dan pihak indosat menyatakan tidak pernah menjalin kerjasama dengan PT.kreasindo persada. ini jelas bisa dijerat dengan pasal penipuan dan tuntutan dari perusahaan yang logonya dicantumkan di sana.

    tolong kawan-kawan yang punya masalah dengan penipuan PT.kreasindo persada segera melapor ke kantor polisi terdekat. jangan lupa kalo bisa dokumentasikan sesuatu sebagai bukti. aku punya bukti sound recorded dari HP, foto, kalo bisa voucher ditangan kita.

    trims.
    ttd. kemarin calon korban penipuan PT.kreasindo persada.

  17. Pak Jon,…

    Semenjak tulisan ini saya publish, sudah puluhan korban ‘mengadu’ lewat komentar2 nya, baik itu korban secara langsung, maupun korban yang saudara dekatnya.

    Saya tak tahu, apa kepolisian kita tidak punya cukup bukti untuk menangkap mereka.

    Semoga tulisan2 dan komentar di web ini bisa mengurangi jumlah calon korban dari Pt Persada……

    1. mas hendry,

      semoga segera ditindak lanjuti mas. mereka sudah dalam pengawasan pihak berwenang. alamat kantor dan pimpinan cabangnya sudah dikenali, dan bukti2 sudah ada, mau apa lagi? tapi kalo mereka punya backing dari pihak kepolisian, itu yang jadi masalahnya. saya sudah kontak kaserse bekasi dan kepolisian jogja, mereka sudah mulai bergerak.

      biar saya buka informasi ini di sini, supaya pihak PT.kreasindo persada yang baca di sini segera berbenah dan tobat, katanya hadiah voucher berlaku sampai bulan juni 2011, berarti masih punya waktu 25 hari..untuk tobat atau menambah dosa..hahaha..

      ayo mainkan game ini, PT.kreasindo pengecut! anda dikejar waktu! mampus atau masuk bui!

      salam.

  18. mnggu lalu gw jg bru kna ama nyokap, dtawarin mpe blng tuh voucher bs bwt makan gratis sgala, dan akhirna nyokap gw kna. pas gw nympe d kantornya mreka mnta pmbyran 7,9 tp nyokap gw bilang dia gak pnya duit, cuma ad sekitar 300 kali dkantongnya dan gk bw ATM sama skali, tp saking gilana mereka pgn duit sampe2 gue ama nyokap danter plng balik naek mobil sama org mreka untuk ngambil kartu ATM, UDA GILA KAN ?? dan akhirnya nyokap gw byr dgn iming2 dpt Kijang Innova dan akhirnya cuma dapet Kompor yang kalo dijual cuma 1 jtaan dan 3 hadiah tambahan. SMOGA MEREKA MENDAPAT GANJARAN DARI YANG DIATAS KARENA T’LAH MEMAKAN DUIT HARAM ORANG BANYAK

  19. Rekan2 Sekalian, patut di waspadai Bandit Marketing macam ini yg melakukan Judi terselubung yang ditutupi undian berhadiah (saya yakin hologramnya berisi hadiah yg sama).
    Tampaknya ada beberapa PT lain yang menggunakan modus sama dengan PT.Kreasindo.
    Terus terang org2 terdekat saya pernah terkena jebakannya, yang pertama Tante saya sendiri dari PT. Kreasindo yang berada di Semarang dan Kedua om saya dari PT dengan nama Intercipta Pratama Fatmawati Jakarta. Alhamdulillah walaupun Tante dan Om saya telah terperdaya menyerahkan uangnya senilai kurang lebih 8jt, semuanya bisa kembali tanpa ada kekurangan sedikitpun setelah dilaporkan pada pihak Polisi. Salut pada Jajaran kepolisian Di Semarang dan Polres Jaksel karena respon dan Aksinya yang sangat cepat, kami sangat meng-apresiasi kerja mereka.
    jadi kepada rekan2 sekalian jangan lupa utk waspada, selalu mengingatkan kerabat dekat anda utk berhati , tidak membawa uang berlebihan, atm dan kartu kredit. Dan jika ada yang terkena jebakannya, jangan segan2 utk segera melapor ke kepolisian.

    BRAVO POLRI!!!

    1. wah,,jadi dengan melaporkan ke polisi uang nya bs kembali ya??? apakah kita harus membayar polisi nya atau gimana??? karna saya juga telah tertipu..pd tgl 9 maret 2012.makasih.

  20. sebenarnya tidak ada dalam aturan resmi mengenai itu, tetapi kalau bentuknya berupa tips/hadiah dmn secara ikhlas kita kasih, sy rasa tidak mengapa kita berikan.
    Kan itu bentuk rasa terima kasih kita.

  21. Hari Sabtu tanggal 26 mei 2012 tante saya menjadi salah satu korbannya, dia saat itu berada di lotte bintaro, keluar dari lotte mampir di apotik dekat2 situ, nggak lama di apotik tersebut dia keluar bersama seorang laki laki yang bernama zul, di dalam mobil, tante saya mengatakan ke pada supir untuk mengantarnya ke ITC fatmawati blok C1 No. 10. disitu dia bilang dapet voucher makan kfc senilai Rp. 10.000,- dan 1 kupon undian yang harus di ambil di kantor tersebut.

    sesampainya diatas, tante saya disaksikan supir nya mengambil 1 kupon undian yang katanya dalam rangka ultah. dan disuruh menandatangani perjanjian yang mereka telah isi sebelumnya. untuk membuka hologram pada voucher tersebut tante saya harus menyerahkan uang 9 juta, karena pada saat itu hanya membawa uang terbatas, akhirnya disepakati membayar 1 juta dan sisanya diserahkan besoknya.

    keluar dari kantor tersebut tante saya baru menghubungi saya untuk mengantar sisa uangnya hari minggu. Dari cerita diatas saya langsung browsing tentang nama pt tersebut dan betul dugaan saya mereka penipu. Saya sempat beberapa kali telp dan mereka berdalih itu untuk mengganti biaya iklan dan saya disuruh datang ke lokasi untuk dijelaskan lebih rinci.

    Saya heran, mereka sudah berkecimpung dalam dunia penipuan sudah cukup lama tapi sepertinya aman aman saja, apakah pihak polisi tidak bisa menindak mereka????
    Kasihan sekali para orang tua yang selalu menjadi incaran mereka.

  22. Saya hari ini, 02-02-2013 didatangi seorang penipu dari PT Intercipta Pratama, untungnya saya sempat membuka internet via HP, langsung saja sang penipu ini saya laporkan ke peyugas keamanan Pasar Modern BTC Bintaro, Jakarta. Semoga tidak ada lagi korban maupun upaya penipuan semacam ini lagi.

  23. Update perusahaan ini masih beroperasi dengan modus yang sama hingga hari ini, di Tahun 2015. Sama juga dengan PT. Intercipta Pratama, dengan modus penipuan yang sama. Saya tidak tahu apakah kedua perusahaan ini sama atau tidak, tetapi saya heran dengan sudah banyaknya pelaporan dan keluhan ke pihak kepolisian maupun pihak berwenang lainnya meski demikian perusahaan perusahaan ini masih bisa beroperasi dengan bebasnya.

Tinggalkan Balasan

