Beranda » Kategori » TORSA » Kisah Lima Dokter

Kisah Lima Dokter

Holan Balongkang do on

Ceritanya to the point aja,  tak perlu kalimat “pada suatu hari”. Ribet, itu gaya mengarang anak SD jaman dulu.

Disatu komplek perumahan, tinggallah beberapa dokter ahli, bahkan sangat ahli dibidangnya. Yang sudah melanglang buana ke berbagai negara, bahkan memberikan seminar di berbagai universitas di Eropah dan Amerika. Beberapa diantaranya adalah berteman akrab ketika masih sama-sama kuliah di FK. Sebut saja  Dokter Jamordong, Dokter Jatikkos, Dokter Jaholong, DokterJaporngis, Dokter Japantun.

Biasanya, setiap minggu pagi awal bulan, mereka selalu mengadakan acara senam bersama. Itu program RT. Diharapkan  juga menjadi ajang silaturahmi sesama warga.

Pagi itu, ada acara berbeda. Seperti yang sudah diprogramkan pengurus , di Rapat RT seminggu yang lalu, para dokter-dokter ahli ini didaulat untuk memberikan semacam diskusi–ceramah– bagi warga, sesi tanya jawab tentunya, ada. Tentu saja acara seperti ini sangat dinanti warga, sebab bila bertemu di rumah sakit, pasti bayaranya mahal. Di sini gratis, bahkan dapat bingkisan, malah.

Tampillah sesi pertama, Dokter Jaholong, menerangkan sesuatu yang berhubugan dengan Otak. Rupanya dia dokter spesialis bedah Otak. Dipenghujung ceramahnya dia membagikan kaos yang bertulisakn, OTAK ANDA ADALAH HIDUP ANDA, JADI SAYANGILAH….tepuk tangan riuh warga menutup ceramahnya.

Lalu Sesi kedua tampillah Jatikkos, seorang dokter ahli anak. Ceramahnya lebih menarik perhatian warga lagi, sebab kebanyakan yang datang adalah warga yang memiliki anak kecil, ibu-ibu dll. Hampir empatpuluh lima menit Dokter Jatikkos melayani pertanyaan ibu-ibu kompleks itu. Dia sangat bersemangat. Diakhir acara, dia juga menyerahkan bingkisan berupa topi yang bertuliskan “Anak adalah masa depan bangsa”, lalu satu persatu warga menyalaminya. Diberikan juga sebuah Kaos oblong yang bergambar kartun anak.

Sesi ketiga, adalah dokter Japorngis. Ternyata kebanyakan pertanyaan datang dari manula. Dari warga yang pernah mencek kondisi jantungnya di rumah sakit. Dokter Japorngis adalah seorang dokter ahli jantung yang terkenal. Meski demikian, warga dari golongan muda juga cukup antusias mengikuti ceramahnya. Diakhir sesi, dokter ini memberikan sebuah bingkisan, baju, alias kaos oblong. Dibelakang kaos dituliskan SAYANGILAH JANTUNG ANDA!.

Sesi keempat adalah Dokter Japantun. Ini dia sesi yang ditunggu kaum ibu, khususnya ibu-ibu muda. Materi yang yang akan disampaikan adalah masalah kesehatan bayi dan kandungan. Sama seperti antusianya mereka ketika Dokter Spesialis anak menceramah. Hampir satu jam. Namanya juga ibu-ibu kalau bertanya, macam-macam. Diakhir acara, Dotker Japantun juga memberikan sebuah kaus yang bergambarkan seorang ibu yang sedang mengandung dan bertuliskan, SELAMATKAN BAYI dan IBU

Sesi terakhir adalah Dokter Jamordong, sesi yang lebih banyak mendapat sambutan dari kaum adam. Bahkan sampai satu jam lebih. Sesekali, ada juga pertanyaan dari ibu-ibu, walau sedikit malu-malu. Ada yang buang muka ada yang wajahnya merah, ada yang menunduk. Ada yang saling memandang, rupanya suami istri. Ada yang pura-pura memandang ke arah lain, dan ada yang ngerumpi kecil, walau perhatianya masih ke Dokter Jamordong.

Diakhir sesi, Dokter Jamordong tersenyum puas melihat antusias para warga.
“Maaf, bapak-bapak, ibu-ibu, mas-mas, mba-mba…saya tidak memberikan souvenir atau bungkusan berupa baju atau yang lain…”
“Kenapa dok?” tanya seorang warga
“Ah, dokter gimana sih? masa kalah dengan dokter lain?” seru seorang ibu
“Begini ya,…”diam sebentar menunggu reda riuhnya warga
“Sebenarnya ada rencana mau bikin kaus, bahkan sudah dicetak beberapa samplenya, terpaksa ku kembalikan,tak cocok”
“Kenapa dok, kan semua berhubungan dengan spesialis-nya dokter bisa dituliskan?”
“Itu dia urusanya, saya saja bingung mau bikin gambar apa” kata dokter Jamordong. Warga yang kebingungan akhirnya membubarkan diri.

Ada rencana Dokter Jamordong ingin meniru dokter-dokter yang lain, memberikan souvenir.  Namun, mustahil dia memberikan kaus yang bergambar organ reproduksi ( kelamin), lalu dibawahnya nanti ditulis SAYANGILAH KELAMIN ANDA, atau Kelamin anda adalah hidup anda, atau kalimat-kalimat lainya, karena Dokter Jamordong adalah Dokter Spesialis Kulit dan kelamin (SpKK).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s