Beranda » Kategori » True Story » Pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik

Pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik

jambuSatu dari tiga jenis pohon buah yang kutanam di halaman rumahku yang sempit adalah pohon jeruk bali.

Alkisah, saat itu saya membeli tiga pohon buah. Jambu air, belimbing, dan jeruk bali. Ketiga pohon ini punya riwayat masing-masing. Tepat seminggu setelah kami menempati rumah ini,ketiganya kutanam, satu persis dihalaman rumah dan dua lagi diseberang saluran got. Jambu air tersebut harus kutebang bulan lalu.npun buahnya manis, tapi dedaunanya yang rimbun banyak ulat. Belum lagi perkembanganya mengancam pagar beton rumah kami. Sebelumnya, belimbing juga bernasib sama dengan jambu. Bahkan dia duluan kubabat. Buahnya banyak, tetapi tidak manis.

Jadi hanya pohon jeruk bali ini yang bertahan, seumuran dengan perkawinan kami. Dan sebagai pengganti kedua pohon yang kutebang, kutanamlah jambu bangkok yang sudah berbuah dan sirsak yang sebentar lagi berbuah.

Sebenarnya pohon ini hampir bernasib sama dengan kedua saudaranya. Sudah lima tahun tak pernah sekalipun berbuah. Seorang teman menasehatiku bersabar menanti pohon itu berbuah.

Benar saja. Tahun lalu berbuah. Sepuluh biji dan sangat besar-besar. Dan aktifitas berbuahnya berlanjut hingga kini.

Point pertama, kesabaran. Ada buah kesabaran. Seandainya saya menuruti keinginan hati, mungkin jeruk bali itu sudah tinggal cerita.

Saya perhatikan, setiap buahnya selalu dari dahan yang meranggas. Dahan yang daunnya rimbun tidak pernah berbuah. Bahkan, bunga bakal biji banyak muncul dari cabang yang tidak berdaun lagi. Awalnya saya pikir dahan iu sudah mati atau meranggas, ternyata dari situlah muncul bunganya. Bukan dahan yang besar melainkan dahan yang sebesar lidi. Anehnya, buah jeruk bali ini hampir sebesar bola kaki dan beratnya berkisar dua kilo, sehingga setiap buah harus disangga atau diikat, kalau tidak dahannya yang kecil akan patah.

Ada beberapa pelajaran yang bisa kuambil dari peristiwa ini. Jangan pesimis bila kehidupan, kita rasakan sudah kering dan meranggas. Ada kalanya dari kehidupan yang meranggas ini akan datang buah-buah kehidupan yang baik.

Sebaliknya, jangan terlalu senang melihat kehidupan yang seolah tidak ada cacatnya. Seolah terlihat sempurna dan serba tersedia bahkan berlebih padahal orang-orang yang terlibat didalamnya tidak bahagia. Seperti dahan pohon yang berdaun rimbun tapi tidak berbuah. Kehidupan yang hanya indah dipandang dari luar, padahal didalamnya sangat gersang. Seperti dahan jeruk bali yang berdaun rimbun tapi tidak berbuah.

Pohon yang baik adalah yang menghasilkan buah yang baik pula, kecuali pohon itu diperuntukkan sebagai penghasil daun, atau pohon hiasan.

Nga sai hira parjamita iba ateh…

One thought on “Pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik

  1. Pohon yang baik akan menghasilkan buah yang baik ,dan jangan lupa pohon yang baik berasal dari bibit yang baik.Dan bibit yang baik didapat dari hasil kerja petani yang baik pula.Artinya kita harus menjadi orang yang baik supaya apa yang kita hasilkan / turunkan(bisa anak,bisa buah buah pekerjaan) adalah yang terbaik pula,untuk sesama manusia terlebih bagi kemuliaan nama Tuhan.
    Mauliate atas tulisannya,ini sedikit komentar saya semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s