Beranda » Kategori » RAGAM NAMASA » Penipuan Mengatasnamakan Undian Telkomsel Semakin Marak

Penipuan Mengatasnamakan Undian Telkomsel Semakin Marak

telkomselSetiap hari saya mendapat SMS pemberitahuan sebagai pemenang undian Semarak Telkomsel. Bahkan, nomor yang baru saja saya beli pun sudah menerima SMS penipuan itu.  Terlaaaaaalu!.  Ada saja modus yang mereka lakukan dari memanipulasi nomor, pencatutan nama pejabat yang semuanya bermuara pada sebuah website. Mungkin, para penipu ini berpikir kalau informasi di website lebih valid dan seolah itu adalah berita sungguhan. Mungkin karena masyarakat indonesia masih banyak yang buta soal internet.

Mereka memodifikasi sebuah THEME Website dari penyelia sub-domain atau web gratisan, dan jadilah website informasi pengumuman pemenang hadiah dari telkomsel. Bagi orang awam, bisa saja tertipu. Sebab website itu didisain persis mirip dengan website/situs resmi telkomsel. Warna latar, tata letak, fitur, bahkan isi/kontennya sama persis.

Beberapa penyelia sub-domain gratisan yang biasanya dipakai oleh para penipu adalah JIMDO, WEBS. Alasanya adalah kedua penyelia sub ini memberikan kebebasan pada user untuk memodifikasi secara total sehingga bentuknya bisa menyerupai persis website telkomsel. Alasan kedua, web ini kurang populer dibanding dengan web blog lain sehingga orang akan mudah percaya.

Nomor telepon sebagai nomor contact yang katanya punya panitia penyelenggara ( baca: telkomsel ), juga dimanipulasi. Contoh, 0016-282315777069 bila anda tidak jeli maka anda akan yakin seratus persen kalau itu benar bukan nomor handphone. Si penipu sengaja menambahkan angka yang sebenarnya tidak berpengaruh, karena itu nomor kode sambungan internasional 001 dan kode Internasional untuk Indonesia 62. Nomor di atas sebenarnya adalah 001-62-82315777069 atau 082315777069 ( operator mana nih? ;)  )

So, rekan pembaca sekalian, bila anda disuruh menguhubungi nomor yang diawali dengan “00162” sudah pasti itu penipuan. Tak usah capek membuka link/alamat web yang tertera di SMS anda, itu PENIPU!.

3 thoughts on “Penipuan Mengatasnamakan Undian Telkomsel Semakin Marak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s