Beranda » Kategori » ESSAY » Oda Nobunaga Penakluk dari Owari

Oda Nobunaga Penakluk dari Owari

NobunagaOda Nobunaga seorang jenderal besar yang berhasil menyatukan Jepang di abad 16. Di masa mudanya dia dicap sebagai orang bodoh, kekanak-kanakan dan urakan. Banyak orang yang meragukan dirinya bahkan dari orang dekatnya sendiri, saudaranya, panglimanya hingga ayah dan ibunya sendiri.

Satu-satunya orang yang mempercayai kemampuanya adalah Masahide, penasihat sekaligus gurunya. Beberapa tahun kemudian kepercayaan itu dibayar dengan menjadi penguasa tunggal di Jepang. Konon katnaya dia memimpin Jepang dengan bijaksana sehingga semua orang enggan berurusan denganya, termasuk penguasa-penguasa provinsi yang dulunya mencibir kepadanya.

Dan satu-satunya yang menghancurkan kejayaanya adalah ketika dia terlalu mempercayai panglima-panglimanya. Akhirnya dia digorok oleh seorang panglima kepercayaan yang disayanginnya. Pengkhianatan memang racun bagi semua mahluk.

Ketika masih ada seorang yang mempercayai diri anda, maka masih ada harapan untuk masa depan anda.

Banyak hal yang harus kita pertimbangkan ketika kita menilai seseorang. Jangan terlena dengan kemampuan fisik, dan juga kemampuan berbicara. Setiap orang pasti punya sisilain untuk dipertimbangkan, ingatlah Masahide ketika membela mati-matian Nobunaga. Hanya dia yang memiliki penilaian tersendiri sehingga tahta kepemimpinan marga ODA jatuh ke pangkuan Nobunaga.

Berhati-hatilah kepada orang yang memiliki sifat Ular Mamushi. Seekor ular yang berkembang biak dengan beranak. Ketika lahir, bayi ular itu akan merobek perut induknya sendiri untuk lahir. Ular Mamushi ini banyak diantara kita, yang rela berkhianat kepada saudaranya sendiri pun demi kepentingan pribadinya.

Jangan kuatir karena kamu masih muda. Perubahan banyak terjadi ditangan orang-orang muda. Ingatlah Sang Jendral Oda Nobunaga di usia 27tahun sudah berhasil menyatukan Jepang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s