Beranda » SIAPAKAH SAYA » MASA KECILKU

MASA KECILKU


hendryLahir dari rahim seorang ibu Boru Manullang di huta Pulogodang Kecamatan Pakkat. Masa kecil ku yang ceria kuhabiskan disana, sebuah dusun kecil di kaki Dolok Pinapan.

Banyak hal yang masih melekat dalam ingatanku. Bermain layangan, memancing, mandi di sungai, menggembalakan kerbau. Bagi kami, hari yang paling menggembirakan adalah saat natal tiba. Aku dan kawan-kawanku sebaya mendapat tugas mencari pelepah muda pohon Aren,–Lambe, kami menyebutnya– sebagai hiasan utama dinding gereja.

Dan anak perempuan kebagian tugas mencari sirungguk, sejenis semak yang banyak ditemui dibelukar basah. Anak-anak sekolah minggu dengan semangat, bergotong royong menyiapkan hiasan natal tersebut. Sebagian lagi, membantu parhalado menyiapkan makanan untuk acara makan bersama. Seekor pinahan besar disembelih dan dimasak lalu menjelang sore, ketika hiasan gaba-gabaitu selsai, jamuan bersama pun dimulai.

Itu hanya secuil pengalamanku. Kisah mangarup amporik, marjobang, makkaildi aek siulakulak atau manataptu Bantoan, mandi di sungai Aek Handis, namosigodung dan namo Sipegepege sepulang sekolah minggu adalah pengalamanku yang lain.

3 thoughts on “MASA KECILKU

  1. Horas. Sunggih kagum kalau ceritanya masa kecil di Lerpin karena hal seolah membawa kita ke masa muda yang sesungguhnya telah berlalu…. berlalu .
    dan tidak pernah datang kembali. Namun dimikian Dolok Pinapan nauli selalu datang dalam kenangan. Ok bro terima kasih atas cerita marjobangnya,terima kasih atas crt mangkailnya di Aek Handis (kalau saya mangkail di aek parmaduan do kawan). Sukses selalu tks and GBU. Horas dari anak ssr dolok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s